Untuk semua para pembaca, jadikan artikel ini sebagai pengetahuan saja,jangan sampai anda terapkan dalam kehidup anda.banyak cara yang dapat dilakukan oleh para cracker untuk mendapatkan password seseorang secara ilegal, yang paling umum di antaranya:

  • Memakai keylogger. Software ini bersifat siluman, tidak terlihat pada All Programs atau Task Manager di komputer Windows. Fungsinya merekam setiap username dan password yang diketikkan, bahkan mampu mendata halaman situs mana saja yang dilihat oleh si pemakai komputer. Semua data itu bisa terkirim secara otomatis via email kepada si pemasang keylogger.
  • Dengan password cracker. Program komputer yang mencoba ribuan bahkan jutaan kombinasi password secara acak lewat cara yang dikenal sebagai serangan brute force.
  • Mengirim email spam. Alamat pengirim surat terlihat seperti benar-benar asli, misalnya “yahooemailcenter@yahoo.com” atau “gmailaccountverify@gmail.com”. Email itu biasanya berbahasa Inggris. Pesannya: “Karena kami sedang mengerjakan perbaikan/peningkatan pelayanan pada server email gratis ini, maka perlu dilakukan verifikasi pada setiap pengguna. Silakan isi username dan password email anda pada formulir di bawah. Jika tidak anda lakukan sampai 7 hari ke depan, dengan terpaksa kami akan menutup akun email anda.” Logika sederhana: pihak Yahoo Mail atau GMail tidak perlu bertanya apa username dan password penggunanya, karena semua data itu tersimpan di server mereka ketika sebuah email yang baru dibuat oleh si pemakai.
  • Membuat situs palsu atau phishing. Misalnya situs Mandiri Banking atau BRI Online. Tampilan dan alamatnya hampir sama dengan situs asli. Jika pengguna tidak jeli lalu terlanjur mengisikan kode-kode akun seperti nomor PIN, nomor kartu kredit, dll, maka si pemilik situs palsu akan segera memakai kode itu untuk menguras uang dari rekening korban.
  • Meminta pengunjung situs untuk mendaftar dengan cara menampilkan kotak pop-up untuk diisikan username dan password sebelum bisa menggunakan berbagai menu di situs tersebut. Pemilik situs berharap ada orang yang memasukkan password yang juga sama untuk akunnya di Facebook, email, dll.
  • Menyediakan software, lagu MP3, dan file-file bajakan untuk didownload secara gratis. Di dalam file tersebut telah lebih dulu dipasang aplikasi pencuri password, sehingga ketika orang lain mengunduh dan menginstallnya, aplikasi itu akan terpasang di komputernya tanpa disadari.

Masih banyak cara yang bisa dilakukan oleh para cracker,yang saya sebutkan diatas hanyalah beberapa diantaranya saja.mohon kiat-kiat diatas jangan disalah gunakan.

Sumber : http://jararsiahaan.com/bagaimana-cara-amankan-password-email-facebook-hindari-hacker/

One response »

  1. Mr WordPress mengatakan:

    Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s